PERBEDAAN LINEAR LAYOUT, RELATIVE LAYOUT DAN CONSTRAINT LAYOUT

 

a

Halooooo boskuu semuanyaaa…. jadi disini saya akan membahas tentang Layout, sebelum lebih jauh mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu Layout. Layout adalah elemen yang berguna untuk mengatur tata letak komponen-komponen sesuai dengan keinginan kita agar terlihat menarik dan rapih. Layout itu sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, ada Layout Linear, Layout Relative dan Layout Constraint. Mari kita mengenal lebih lanjut perbedaan dari ketiga Layout tersebut :

1. Linear Layout

Linear Layout adalah jenis Layout dimana kita menempatkan 1 objek per baris atau kolom, vertical atau horizontal. Jadi di dalam setiap baris (vertical) atau kolom (horizontal) hanya ada 1 objek saja yang kita tempatkan.

1

2

2. Relative Layout

Relative Layout adalah Layout yang membebaskan kita untuk menempatkan objek-objek didalamnya dapat berada di atas,bawah,kiri,kanan objek lainnya atau bisa disebut dengan Relative, jadi ini merupakan Layout yang penataannya lebih bebas sehingga bisa di tata di mana saja.

2

2

3. Constraint Layout

Contstraint Layout merupakan pengembangan dari Relative Layout, jadi bisa dibilang Layout ini lebih fleksibel. Layout ini pula didesain untuk lebih mudah menempatkan objek dengan cara diseret dan dilepaskan pada editor Layout, Android Studio.

2

2

Sekian saja yang bisa saya informasikan, saya sama seperti layout diatas ada kekurangan ada kelebihan, mohon maaf atas kekurangan saya. Arigatou boskuu~

Tinggalkan komentar